Pj Gubernur Banten Al Muktabar (Istimewa)

RADARTANGSEL – Dana cadangan sebesar Rp 600 miliar disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2024.

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan, dana tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2024.

“Berdasarkan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020, bahwa APBD yang dimaksud adalah APBD Murni bukan pada Perubahan APBD,” kata Al Muktabar kepada wartawan di gedung DPRD, Selasa (20/9).

Al menjelaskan, dana cadangan tersebut sudah dialokasikan pada APBD murni tahun 2023 untuk membiayai tahapan kegiatan Pilgub Banten.

Menurutnya, pada APBD murni tahun 2024 Pemprov akan kembali menyiapkan dana cadangan tambahan untuk kebutuhan pesta demokrasi.

BACA JUGA :   Pj Gubernur Banten Ajak Masyarakat Jalankan Pola Hidup Sehat

“Jadi dua tahun anggaran murni, itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri yang diarahkan untuk di APBD murni,” jelas Al Muktabar.

Sementara, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, alokasi anggaran Pilgub 2024 sesuai dengan perhitungan bersama dengan KPU dan Bawaslu.

“Awalnya Dana Cadangan di alokasikan sebesar Rp 596,29 miliar, menjadi Rp 600,1 miliar. Kenaikan tersebut diperuntukan untuk penambahan bagi Bawaslu, lantaran menyesuaikan dengan ketentuan yang telah diatur,” kata Rina.