Hari terbaik untuk melihat fenomena 5 planet sejajar adalah pada hari Jumat, 24 Juni 2022. (foto: istimewa)

RADARTANGSEL – Ada peristiwa unik pada tanggal 24 Juni besok. Posisi planet-planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus diprediksi bakal sejajar untuk pertama kalinya dalam 18 tahun terakhir. Ini adalah kesempatan langka bagi kita untuk melihat lima planet sekaligus dengan mata telanjang dari rumah.

Menurut peneliti astronomi publik di Royal Museums Greenwich, Dr Greg Brown, planet Venus dan Jupiter akan menjadi planet yang paling mudah dilihat. Planet Venus bakal ada di atas cakrawala sekitar pukul 04.00 pagi waktu Inggris dan Mars dan Jupiter terlihat sekitar pukul 02.45 pagi.

“Planet Saturnus naik di atas cakrawala sekitar pukul 01.30, tapi planet ini dan planet Mars akan sulit dilihat saat senja. Sedangkan planet Merkurius akan menjadi planet yang paling sulit ditemukan karena baru terbit sekitar pukul 04.30 pagi,” tutur Brown seperti yang dikutip The Guardian (2/6).

BACA JUGA :   BI Banten Gelar KKB di Summarecon Mall Serpong, Begini Reaksi Bupati Tangerang

Brown menambahkan, satu-satunya kesempatan untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah setelah Merkurius terbit tetapi sebelum matahari terbit.

Sementara itu, peneliti Astronomi dan Astrofisika BRIN, Clara Yatini, mengatakan bahwa fenomena langka lima planet sejajar ini bisa dilihat juga di Indonesia. Bahkan mengamatinya pun bisa dengan mata telanjang atau tanpa bantuan alat pencitraan seperti teropong.

“Tapi kalau obyeknya lemah agak sulit juga. Kalau dengan teleskop malah sulit karena medan pandang yang terbatas,” imbuhnya.

Clara menambahkan, fenomena lima planet sejajar ini bisa disaksikan di mana pun, baik daerah tinggi atau daerah rendah selama medan pandangnya tidak terhalang.

Meskipun termasuk fenomena langka, Clara menyampaikan, peristiwa sejajarnya kelima planet dalam galaksi Bima Sakti ini tidak berdampak langsung bagi Bumi. “Tidak ada dampaknya langsung ke Bumi,” ungkapnya.

BACA JUGA :   Gubernur Lemhannas Sarankan Modal Sosial dan Budaya Jadi Kekuatan Nasional untuk Pemulihan Ekonomi

Clara menambahkan, hari terbaik untuk melihat fenomena ini adalah pada hari Jumat, 24 Juni 2022, ketika bulan sabit yang memudar bergabung dengan barisan planet. Melihat ke arah tenggara, bulan akan muncul diposisikan antara Venus dan Mars.

Dan waktu terbaik untuk melihat ke langit, kata Clara, adalah sekitar 45 menit hingga sekitar 1 jam sebelum matahari terbit. Dengan demikian, waktu menonton yang ideal adalah sebelum jam 5 pagi.

“Parade planet” ini belum pernah terlihat dari Bumi sejak 2004, dan tidak akan terjadi lagi hingga tahun 2040,” ungkap Clara. (BD)

Artikulli paraprakWaduh! Peringkat Daya Saing Indonesia Merosot ke Posisi 44 di Dunia
Artikulli tjetërMega Ngomong di Depan Ganjar dan Jokowi, Siapa yang Bermanuver-manuver (Capres), akan Langsung Dipecat