Radar Tangsel-Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Dr. H. Kasmen, M. E. dan Drs. Ardinata Ginting, M. Si resmi dilantik sebagai ketua dan wakil ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) Periode 2021-2023. Kini, keduanya pun sah memimpin organisasi di bawah naungan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) tersebut.

Kasmen dan Ardinata dilantik dan dikukuhkan bersama jajaran pengurus Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (ILUNI Menwa UI) Periode 2021-2023, pada hari Sabtu, 27 November 2021, di Balai Sidang, Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat. Sebelum pelantikan dan pengukuhan pengurus, terlebih dahulu digelar Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) ketua ILUNI Menwa UI.

Yaitu, dari Ketua ILUNI Menwa UI Periode 2018-2020, Dr. Yono Reksoprojo ke Ketua ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Dr. H. Kasmen, M. E. Untuk diketahui, Kasmen terpilih sebagai ketua ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 dalam Musyawarah Anggota ILUNI UI Menwa yang digelar pada 25 September 2021 di Markas Komando (Mako) Menwa UI, Depok secara luring dan daring.

Pemilihan Umum Ketua ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 sendiri berlangsung dengan demokratis, langsung, umum, bebas, rahasia serta tanpa tekanan apa pun dan tanpa intervensi dari pihak mana pun. Suasana hangat dan keakraban juga menyelimuti pesta demokrasi ILUNI UI Menwa yang digelar dua tahunan itu.

Dalam Pemilihan Umum Ketua ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 itu, Kombes Pol. Dr. HM Kasmen, M. E. mengalahkan Drs. Ardinata Ginting, M. Si yang saat ini menjadi wakilnya dan David Chandrawan, S. T. yang kini jadi kepala bidang V Inovasi Teknologi dan Pengembangan. Dua bulan usai musyawarah anggota, kini, para pengurus ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 di bawah kepemimpinan Kombes Pol. Dr. H. Kasmen, M. E. (ketua) dan Drs. Ardinata Ginting, M. Si (wakil ketua) pun dilantik dan dikukuhkan.

Berdasarkan Surat Keputusan atau SK No. 030/SK/ILUNI-UI/XI/2021, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Andre Rahadian, S. H., L. L. M., M. Sc. melantik ketua, wakil ketua dan jajaran kepengurusan ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023. Andre Rahadian pun langsung menyerahkan SK kepada para pengurus ILUNI Menwa UI saat melantik dan mengukuhkan mereka.

“Alhamdulillah, hari ini, Sabtu, 27 November 2021, jajaran pengurus ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 telah resmi dilantik dan dikukuhkan. Ini momen yang sangat bersejarah tentunya,” ucap Ketua ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023, Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Dr. H. Kasmen, M. E.

BACA JUGA :   Argo: Sebelum Dilantik, Komjen Paulus Sudah Pamit dan Menyerahkan Jabatannya

Di dalam kesempatan itu, Kasmen juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan membantu suksesnya acara sertijab dan pelantikan serta pengukuhan para pengurus. “Terima kasih kami ucapkan pada semua pihak. Kepada jajaran pengurus, kami mengajak, mari kita guyub bersinergi demi kemajuan ILUNI UI Menwa,” pinta alumni Menwa UI Angkatan Ksatria itu.

Kasmen sendiri merupakan alumni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam/FMIPA UI Jurusan Kimia Tahun 1985. Ia juga merupakan wakil ketua ILUNI UI Menwa Periode 2018-2020 dan saat ini merupakan perwira menengah yang bertugas di Mabes Polri.

Wakil Ketua ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023, Drs. Ardinata Ginting, M. Si. bertekat mengguyubkan anggota dan membantu ketua memimpin organisasi ini dengan baik. “Saya akan membantu penuh Bang Kasmen memimpin ILUNI Menwa UI dengan semangat guyub yang bersinergis,” cetus alumni Menwa UI dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ini.

Alumni Menwa UI Angkatan Elang ini pun meminta para pengurus dan anggota bahu-membahu dan bersinergis demi kemajuan ILUNI Menwa UI. “Tanpa bersatu dan bahu-membahu mustahil organisasi ini bisa berjalan. Terima kasih untuk semua pihak yang men-support ILUNI Menwa UI,” tandas pemilik wahana Ricastro Waterzone itu.

Dalam sambutannya, Ketua Umum ILUNI UI, Andre Rahadian, S. H., L. L. M., M. Sc. mengatakan, menjadi kebanggaan dan kehormatan dapat hadir dalam acara pelantikan ini. “Selamat untuk ketua dan pengurus ILUNI Menwa UI. ILUNI Menwa UI ini menurut catatan kami, alumni UKM pertama dari ILUNI UI sejak dibentuk di 2016 pada era Ketua Mas Arief Budhy Hardono yang kebetulan juga alumni Menwa,” ujarnya.

Ketua umum ILUNI UI pengganti Arief Budhy Hardhono ini berucap, model keguyuban seperti yang dilakukan alumni Menwa UI ini perlu dicontoh alumni UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) UI lainnya. “ILUNI Menwa UI menjadi contoh kegiatan dan organisasi dari Iluni UI yang terus berkontribusi untuk almamater dan masyarakat. Banyak anggota ILUNI Menwa UI yang juga aktif di ILUNI UI. ILUNI Menwa UI aktif dalam penanggulangan bencana dan non-bencana. Saat bencana alam, ILUNI UI selalu mengajak Menwa UI. Marshalnya selalu dari menwa UI. Kegiatan Menwa UI sangat membantu kami. Dan menwa dikenal datang paling awal pulang paling akhir,” urai Andre.

Kata pria berperawakan tegap dan atletis itu, di situasi seperti saat ini, polarisasi harus dihentikan dengan kohesi keguyuban. “Dari musyawarah anggota saat pemilihan ketua ILUNI Menwa UI yang baru, kita banyak belajar soal demokrasi dan keguyuban anggota. ILUNI Menwa UI bisa menjadi penggerak utama dari kegiatan alumni UI dengan kegiatan yang beragam dan lengkap lintas angkatan dan lintas fakultas,” imbuhnya.

BACA JUGA :   Kabar Buruk, Ratusan Anggota DPR 'Terkapar' Diserang Covid-19

Andre pun sangat menunggu gebrakan pengurus baru ini. “Harapan dari ILUNI UI, kami menunggu kontribusi Bang Kasmen dan jajaran kepengurusan yang baru untuk bersinergi membantu kami. Saya juga mengucapkan terimakasih pada Bang Yono (ketua ILUNI Menwa UI Periode 2018-2020). Yang tentu kami sama-sama di Satgas Covid-19. Karena, 60 persen satgas isinya alumni UI. Jadi, kerja-kerja alumni kita ini sangat banyak. Akhirnya saya ucapkan selamat untuk jajaran kepengurusan yang baru ini,” tandasnya.

Di tempat yang sama, dalam sambutannya, Direktur Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia, Ir. Ahmad Syafiq, M. Sc., Ph.d. menyatakan, peristiwa pengukuhan pengurus ILUNI Menwa UI sangat penting sebagai “milestone” (tonggak pencapaian) pergerakan kegiatan alumni. “Kami berharap ini bisa menyebar ke alumni UKM lainnya. Bukan hanya saat mahasiswa, melainkan juga setelah lulus, alumni dapat membawa nama almamater dengan baik. Membantu memfasilitasi kegiatan yang memberi manfaat untuk almamater dan bangsa ini,” kata Syafiq.

Dengan kepengurusan baru, lanjutnya, diharapkan, ILUNI Menwa UI dapat bersinergi lebih optimal lagi. “Kerja bareng dalam berbagai hal. Semakin bersinergi dan langgeng dalam upaya memperbaiki kehidupan bangsa. Dapat menjaga dan memelihara nasionalisme dan wawasan kebangsaan dan ketahanan nasional. Dan, ILUNI Menwa UI ini nantinya dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan,” paparnya.

Rektor Universitas Indonesia (UI), Prof. Ari Kuncoro, S. E., M. A. Ph.d berhalangan hadir karena ada tugas persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Bali dan diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kerjasama Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA. “Saya mewakili bapak rektor karena beliau masih ada tugas persiapan KTT G-20 di Bali. Dan saya akan membacakan pidato sambutan beliau,” ucap Dedi yang juga merupakan alumni Menwa UI Angkatan Jaya ini.

Dalam pidatonya itu, rektor UI mengucapkan selamat atas terpilihnya Kombes Pol. Dr. H. Kasmen, M. E. sebagai ketua ILUNI Menwa UI Periode 2021-2023 beserta pengurus yang dilantik. “Terpilihnya ketua dan segenap pengurus baru menunjukkan bahwa ILUNI Menwa UI merupakan komisariat yang terus menjaga eksistensi dan kesinambungan organisasi dalam pembinaan alumni hingga saat ini. Susunan pengurus yang terdiri dari berbagai unsur intelektualitas mencerminkan keberhasilan Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia mengambil peran dalam pembentukan Saudara-Saudari sekalian pada saat
mahasiswa dulu hingga menjadi alumni yang berintelektualitas tinggi, berbudi pekerti luhur dan
mampu bersaing secara global, sesuai misi Universitas Indonesia,” ungkap rektor.

BACA JUGA :   Dear Manula, Ingat Pesan Pak Luhut: Jangan Keluar Rumah hingga Sebulan Kedepan

Keberhasilan ini, sambung rektor, tentunya akan memberikan energi positif untuk Resimen Mahasiswa organik yang sempat terpuruk akhir-akhir ini karena ada kejadian yang tidak diharapkan dalam kegiatan menwa. “Harapan saya dan juga Universitas Indonesia untuk Alumni Menwa UI adalah terus adaptif dengan perubahan yang ada secara nasional maupun global, kembangkan nurturing role model yang akan menginspirasi para yunior dan segenap mahasiswa Universitas Indonesia dalam bela negara, serta jalin berbagai kemitraan untuk meningkatkan capacity building alumni dalam hal sains, teknologi, pasar serta industri,” pinta sang rektor.

Acara sertijab dan pelantikan serta pengukuhan pengurus ILUNI UI Menwa Periode 2021-2023 ini berlangsung khidmat, guyub, sukses dan berjalan lancar serta dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. Hadir dalam acara ini selain jajaran pengurus adalah para anggota ILUNI Menwa UI.

Tamu undangan penting lainnya yang menghadiri acara ini yaitu Pembina Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Prof. Dr. Heri Hermansyah, S.T., M. Eng), Direktur Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia (Ir. Ahmad Syafiq, M. Sc., Ph.d.), Penasihat ILUNI UI Menwa (Prof. Dr. Ir. Djoko Hartanto, M. Sc.), Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengamanan Lingkungan Kampus (Ach. Mukhtarul Huda, S. H. I., S. H., M. Si.), Penasihat ILUNI UI Menwa (Prof. Dr. Anna Erliyana, S. H., M. H.). Lalu, Penasihat ILUNI UI Menwa (Prof. Maneke Budiman, Ph.d), Ketua ILUNI UI Menwa Periode 2016-2018 (Dr. Prabowo, S. E., M. M.) dan Komandan Satuan (Dansat) Menwa UI, Sulton.

Usai pelantikan dan pengukuhan, Kasmen dan Ardinata langsung menggelar rapat pleno. Dalam rapat pleno itu, para kepala bidang dibantu anggotanya dari bidang 1 sampai 8 hingga Makara Ungu Corporation (MUC) memaparkan dan mematangkan program kerjanya.

Rapat pleno ini merupakan pemantapan dan pematangan dari rapat perdana pengurus ILUNI Menwa UI yang digelar di Ricastro, Pamulang, Tangsel, beberapa waktu lalu. Beberapa minggu sebelum pelantikan dan pengukuhan, jajaran pengurus ILUNI Menwa UI telah melaksanakan sejumlah kegiatan di antaranya Bakti Markas di Markas Komando (Mako) Menwa UI, Kampus UI Depok, lalu tabur bunga dan ziarah ke makam Pahlawan Proklamator Bung Hatta dan para senior/alumni Menwa UI yang telah wafat dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan dalam rangka memperingati hari Pahlawan. (AGS)

Artikulli paraprakKata PSI, Kinerja Ben-Pilar tidak Wah-wah Banget, tidak Jelek-jelek juga
Artikulli tjetërBandara Soetta Kedatangan Vaksin Sinovac