Radar Tangsel-Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Ketua Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Universitas Indonesia (Iluni Menwa UI) Periode 2021-2023, Haji Kasmen banjir dukungan. Para pemilih yang memiliki suara dari berbagai angkatan Menwa UI siap mendukung penuh Haji Kasmen untuk menduduki kursi ketua Iluni Menwa UI Periode 2021-2023.

Praktis, Haji Kasmen pada momen menjelang pemilihan tampak seperti di atas angin. Sebab, para pemilih di lintas angkatan menyatakan siap mengantarkan Haji Kasmen menjadi orang nomor wahid di Iluni Menwa UI pada Pemilu yang akan berlangsung besok Sabtu, 25 September 2021 secara daring.

Dukungan terhadap Haji Kasmen itu seperti yang diungkapkan Dia Ardiansyah, Alumni Menwa UI Angkatan Arjuna. “Insya Allah, beliau (Bang Haji Kombes Polisi Kasmen) sudah di atas angin saat ini. Karena, lintas angkatan sebagian besar mendukung beliau,” ungkap Dia.

Kasie 1 Intelpam Angkatan Arjuna itu menegaskan, saat ini, dukungan terhadap Haji Kasmen selaku petahana alias incumbent (wakil ketua Iluni Menwa UI periode 2018-2020) makin tidak terbendung. “Karena, memang Bang Haji Kasmen sosok yang pantas dan layak memimpin Iluni Menwa UI. Beliau sangat dikenal dan dekat dengan angkatan senior juga merangkul angkatan bawah (yunior). Kapabilitasnya ada. Tak heran saat ini banyak yang mendukung beliau terlebih menjelang pemilihan besok,” tukasnya.

Alumni Menwa UI dari Politeknik (UI) ini menyatakan, sebagai peserta Musyawarah Anggota ILUNI UI Menwa, ia sangat mendukung calon pemimpin ILUNI UI Menwa yang mempunyai berkomitmen kuat untuk melanjutkan dan menjalankan program kerja baru di masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. “Ketua ILUNI UI Menwa yang baru kami harapkan agar lebih aktif lagi mengajak dan merangkul semua anggota ILUNI UI Menwa untuk bersama-sama membangun ILUNI UI Menwa yang lebih kompak, lebih solid, dan guyub. Dan figur itu ada di Bang Haji Kombes Pol. Kasmen,” tandasnya.

BACA JUGA :   Wujudkan Pelayanan Kelas Dunia, Kemenkumham Gelar Pameran Pelayanan Publik

Alasan lain mendukung Haji Kasmen, kata anggota Iluni Menwa UI yang aktif di setiap kegiatan ini, adalah karena beliau sangat berpengalaman.
“Alasan saya memilih Kombes Pol. Bang Haji Kasmen karena beliau punya banyak pengalaman, sabar, aktif dan mengayomi. Di bawah kepemimpinan beliau, saya yakin, ILUNI UI Menwa akan menjadi lebih disegani dan memiliki power untuk bekerja sama dengan banyak pihak,” tukasnya.

Senada dengan Dia Ardiansyah, dukungan terhadap Haji Kasmen juga datang dari alumni Menwa UI Angkatan Ksatria, Arman Prabowo. “Menurut saya pribadi, untuk saat ini, Bang Haji Kasmen, masih layak untuk diperjuangkan menjadi ketua Iluni Menwa UI yang baru,” cetusnya.

Mengapa demikian? Sebab, pria jawa yang santun dan kalem serta humoris ini menerangkan, Bang Haji Kasmen memiliki kompetensi yang mumpuni.

“Silakan saja, kutip Mas Agus. Karena, menurut saya, hal tersebut adalah fakta nyata dan bukan dusta atau rekayasa. Bang Haji Kasmen mempunyai kompetensi. Mudah-mudahan, teman-teman angkatan lainnya juga mengamini apa yang saya ungkapkan ini,” Arman mengharapkan.

BACA JUGA :   Penulis Lupus Hilman Hariwijaya Meninggal Dunia

Tidak sampai di situ, dukungan juga mengalir ke Haji Kasmen dari srikandi Iluni Menwa UI yang enggan disebutkan namanya. Kata dia, ada 1.000 alasan mengapa harus mendukung Haji Kasmen.

“Kenapa saya memilih Bang Haji Kasmen? Di antaranya, pertama, sebagai muslim, saya wajib memilih Imam muslim juga. Kedua, kinerja Haji Kasmen sebagai wakil ketua dalam masa kepengurusan yang lalu sudah baik. Bahkan, banyak mewakili Mas Yono (ketua Iluni Menwa UI 2018-2020) dalam setiap kegiatannya walaupun Kasmen punya kegiatan yang sibuk. Tapi, tetap bisa membagi waktu,” urainya.

Lalu, ketiga, lanjut srikandi Angkatan Jaya IV ini menyebutkan, leadership-nya juga bagus. “Keempat, link-nya bagus. Kelima, sabar. Keenam, sudah biasa mengayomi masyarakat. Ketujuh, kombes polisi (punya jabatan bagus di polri). Kedelapan, loyalitasnya oke,” paparnya.

Kemudian, kedelapan, sambung anggota Iluni Menwa UI yang sangat aktif dan supel dengan yunior ini, Haji Kasmen komitmennya bagus. “Kesembilan, punya kemampuan dan mau membagi waktunya tuk mengurus ILUNI UI. Kesepuluh, jujur dan baik hati juga tidak sombong. Kesebelas, kebetulan, Haji Kasmen yunior saya di jurusan kimia (ikatan emosional sama-sama di FMIPA),” tegasnya.

Dan keduabelas, secara financial, is good. “Penting juga kan? Kalau jadi ketua bokek, nanti bingung mau ke sana ke sini. Masih banyak alasan lainnya yang tidak bisa saya sebut. Intinya, Haji Kasmen sangat lengkap segala sisinya untuk jadi ketua Iluni Menwa UI,” srikandi Iluni Menwa UI ini berkata.

BACA JUGA :   Jelang Arus Balik, Penumpang di Terminal Kedatangan Bandara Soetta Dites Antigen

Yang tidak kalah lagi adalah dukungan dari Komandan Menwa UI Angkatan Merpati, Siswanto. Pria yang akrab disapa “Mas Sis” ini menyatakan, dari segi popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas, Haji Kasmen memenuhi semua.

“Insya Allah besok beliau (Haji Kasmen) mudah-mudahan terpilih menjadi ketua Iluni Menwa UI yang baru. Biidznillah. Aamiin. Beliau amanah dan kapabel,” Siswanto menegaskan.

Haji Kasmen sendiri berterima kasih dan memberikan apresiasi pada semua rekan-rekan lintas angkatan yang mendukungnya. “Bismillah. Insya Allah, saya siap maju. Mohon doa restunya,” ucap calon ketua Iluni Menwa UI yang memiliki jargon “Guyub dan Bersinergi, Bekerja dengan Hati” itu.

Pemilu Ketua Iluni Menwa UI sendiri akan berlangsung besok Sabtu, 25 September 2021 secara daring. Saat ini, 342 lebih pemilih dari semua angkatan (42 angkatan) akan menyalurkan suaranya pada Pemilu Ketua Iluni Menwa UI.

Tiga kandidat ketua Iluni Menwa UI telah ditetapkan panitia. Mereka adalah Kasmen (Angkatan Kstaria/FMIPA UI 1985), Ardinata Ginting (Angkatan Elang/FMIPA 1986) dan David Chandrawan (Angkatan Bima/F-Teknik 1995).

Pemilihan menggunakan sistem one man, one vote (1 orang, 1 suara). Pemenang ditetapkan bila memperoleh suara 50 persen plus 1.

Jika tidak ada yang memenuhi angka 50 persen plus satu, maka akan dilakukan pemilihan putaran II. Pemenang pada putaran II adalah yang memiliki suara terbanyak. (AGS)