Di wisata motor trail, wisatawan akan diajak melewati rute yang lebih ekstrem dan tidak bisa dilalui mobil jeep. (credit foto: trialgame.id)

RADARTANGSEL – Di tempat wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, ternyata ada wisata mengendarai motor trail ke beberapa tempat menarik yang ada di desa-desa di sekitar Kecamatan Borobudur. Aktivitas wisata unik yang eksis sejak awal tahun 2020 ini dinamakan Explore Borobudur.

Menurut salah satu pengelola aktivitas wisata Explore Borobudur, Putra, pihaknya juga menawarkan aktivitas wisata serupa dengan mobil jeep. Perbedaan terletak pada jalan yang diambil.

Untuk wisata motor trail, kata Putra, wisatawan akan diajak melewati rute yang lebih ekstrem dan tidak bisa dilalui oleh mobil jeep, sehingga adrenalin wisatawan akan benar-benar terpacu.

“Misalnya kalau ada tamu yang tiba-tiba ingin naik ke bukit yang satunya. Oke saja, karena jalurnya lebih banyak dibanding jeep, lebih fleksibel,” tutur Putra, seperti yang dikutip Kompas.com, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA :   Harga Bahan Pokok Naik, Ibas Minta Pemerintah Operasi Pasar
(credit foto: ex-adventure.com)

Ada lima paket yang ditawarkan oleh Explore Borobudur, yakni paket Short Trip, Medium Trip, Long Trip, Super Long Trip, dan One Day Trip.

Untuk paket Short Trip, harganya adalah Rp 350.000 dengan durasi perjalanan 2,5 jam. Wisatawan bisa memilih antara rute jelajah Sungai Sileng atau berkunjung ke dua wisata edukasi.

Paket Super Long Trip dengan durasi perjalanan enam jam dihargai Rp 750.000. Rutenya meliputi jelajah Sungai Sileng dan beberapa pilihan jelajah, di antaranya jelajah Kulon Progo atau Jelajah Lereng Merbabu.

Dan yang terakhir, paket One Day Trip dengan durasi perjalanan 8,5 jam dibanderal dengan harga Rp 900.000. Wisatawan akan mendapatkan rute jelajah Borobudur, serta tiga pilihan rute, yakni jelajah Menoreh, jelajah Lereng Sumbing, atau jelajah Lereng Merbabu.

BACA JUGA :   Kesiapan Masyarakat Disebut Jadi Faktor Penting dalam Masa Transisi Pandemi ke Endemi

Harga tersebut berlaku untuk sewa satu unit motor trail, termasuk perlengkapan keamanan, seperti jersey, sarung tangan, helm, sepatu khusus, dan juga kelapa muda. Khusus untuk paket One Day Trip, harga sudah termasuk makan siang.

Dari kelima paket tersebut, ada pula pilihan jalur fun atau ekstrem. Bedanya, jalur fun tentu saja versi yang lebih mudah dilalui. Sementara jalur ekstrem akan melalui medan yang lebih sulit.

Sistem wisata dengan motor trail ini lepas kunci. Wisatawan diizinkan mengendarai motor trail sendiri. Karena itu, wisatawan harus sudah terbiasa mengendarai motor dengan kopling.

Pihak Explore Borobudur juga mewajibkan adanya satu leader atau guide dari pihak mereka yang akan memandu para wisatawan. Setiap lima unit trail yang keluar, wajib didampingi minimal satu leader.

BACA JUGA :   Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi di Kota Palu

“Misalnya rombongan ada tamu dari satu sampai lima trail unit. Itu satu leader. Tapi kalau sudah lima sampai 10 itu tambah satu lagi leader-nya. Jadi per lima unit, kita satu leader,” papar Putra.

Explore Borobudur menetapkan tarif tersendiri untuk para leader. Wisatawan harus membayar ekstra Rp 100.000 untuk satu leader, di luar harga paket yang sudah dibayarkan.

Wisata motor trail ini juga bisa dinikmati dengan cara berboncengan, misalnya berboncengan dengan sesama wisatawan yang berada di dalam satu rombongan, atau bisa juga berboncengan dengan leader.

Explore Borobudur juga tak menetapkan batasan umur. Anak-anak juga boleh ikut wisata motor trail ini, dengan cara dibonceng oleh orangtua atau leader unit trail. (BDN)

Artikulli paraprakFIFASTRA Raih Gold Champion dalam Indonesia WOW Brand Festive Day 2021
Artikulli tjetërMirip di Film-film, Baku Tembak Terjadi di Pelataran Mabes Polri