oleh

Tanah Saya Diserobot Orang Lain

Tanya:

Pak Dedy yang baik, saya memiliki persoalan hukum yang kiranya butuh pencerahan dari bapak. Begini, saya memiliki sebidang tanah di daerah Tangerang Selatan. Kebetulan, saya tinggal di Jakarta.

Tanpa sepengetahuan kami, tiba-tiba saya ada pihak lain yang “memakan” sebagian tanah milik saya. Saya sudah berusaha untuk menjelaskan kepada yang bersangkutan bahwa bangunan yang dia dirikan berada di atas tanah milik saya. Namun, dia justru ngotot dan menuduh saya yang bukan-bukan.

Pak Dedy, apa yang harus saya lakukan terhadap kasus yang menimpa saya ini. Terima kasih sebelumnya.

Jonathan, Jakarta Timur

Jawab:

Salah satu faktor penyebab sengketa tanah adalah kasus penyerobotan tanah. Banyaknya kasus sengketa tanah akibat penyerobotan tanah, membuat kita bertanya – tanya, apa definisi dari penyerobotan tanah.

Penyerobotan tanah yaitu tindakan sewenang – wenang mengambil hak atau harta yang sah milik orang lain. Salah satunya menempati tanpa diketahui oleh pemilik tanah yang sah.

Langkah hukum dapat ditempuh melalui pidana tercantum dalam pasal 385 KUHP atau Perdata pasal 1365 dan pasal 1366 karena bisa dilihat dalam kasus penyerobotan tanah ada pihak yang dirugikan dan memerlukan ganti rugi atas kerugian yang dialami pihak tersebut.

Dalam hukum perdata, kita dapat melakukan upaya:

1. Mengajukan Gugatan Perbuatan Melawan Hukum atas dasar Penyerobotan Tanah.

Bahwa yang paling prinsip dalam pengajuan surat gugatan tentang penyerobotan anah, yaitu pemilik atas tanah yang diserobot orang mempunyai alat-alat bukti yang kuat antara lain, sertifikat atas tanah yang diserobot atau Sertifikat Hak Milik (SHM), surat-surat tentang asal muasal tanah yang dimiliknya tersebut dan atau kronologis perolehan tanah yang menjadi obyek sengketa.

2. Dalam hukum pidana, kita dapat melakukan upaya: Laporan atau Pengaduan ke Kepolisian

 

Anda mengalami permasalan seperti di atas? Anda butuh bantuan hukum permasalan seperti di atas? Anda ingin masalah Andas segera tuntas? Ingin konsultasi masalah hukum?

Silakan hubungi Kantor Hukum Dedy Dwi Yulianto & Rekan dengan alamat Ruko Kedaung Residence, Jl. Bambu Apus No. 1B, Tangerang Selatan.

Salam,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed