oleh

Anak Terjerat Tindak Pidana Narkotika, Apa yang Harus Dilakukan?

Tanya:

Salam sehat selalu Pak Dedy Dwi Yuliantyo.

Pak Dedy yang baik, saya sedang menghadapi persoalan hukum yang cukup rumit. Anak saya, saat ini sedang terlibat narkoba dan saat ini dalam penanganan pihak berwajib.

Yang ingin saya tanyakan, apa yang harus saya lakukan sebagai orangtua, dan bagaimana pandangan hukumnya terhadap perkara yang dihadapi anak saya.

Sebelum dan sesudahkan kami ucapkan terima kasih.

Lely, di BSD

 

Jawab:

Saya bisa memahami beratnya perasaan ibu Lely saat anak-anak terjerat penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Seperti kita ketahui, narkotika merupakan tindak pidana yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Kejahatan ini telah meluas di masyarakat, baik di kalangan dewasa maupun anak – anak. Seseorang yang terlibat dalam penyalahgunaan narkotika, mereka tentunya tidak langsung terlibat dari lahir dengan sendiri nya, melaikan melalui proses pergaulan dan lingkungan sekitar, salah satunya yaitu organisasi – organisasi atau perkumpulan kejahatan.

Tindakan dan Perlindungan Hukum

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Misalnya dengan pengajuan pidana peringatan, atau pidana dengan syarat seperti pembinaan di luar lembaga, pelayanan masyarakat serta pengawasan semacam pelatihan kerja, pembinaan dalam lembaga, dan penjara.

Macam-Macam Narkotika dan Ancaman Hukumannya

Ada tiga golongan narkotika yang wajib kita tahu, yaitu

  1. Narkotika Golongan I bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun;
  2. Narkotika Golongan II bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun; dan
  3. Narkotika Golongan III bagi diri sendiri dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun.

Sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, yaitu “Pidana penjara yang dapat dijatuhkan kepada Anak paling lama ½ (satu perdua) dari maksimum ancaman pidana penjara bagi orang dewasa.”

Contohnya: Sebagai penyalahguna narkotika jenis sabu (Golongan I), maka ia diancam dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun (namun ½ dari maksimum ancaman pidana penjara bagi orang dewasa) sebagaimana menurut Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Narkotika.

Demikian ibu Lely yang bisa saya sampaikan.

 

Anda mengalami permasalan seperti di atas? Anda butuh bantuan hukum permasalan seperti di atas? Anda ingin masalah Andas segera tuntas? Ingin konsultasi masalah hukum?

Silakan hubungi Kantor Hukum Dedy Dwi Yulianto & Rekan dengan alamat Ruko Kedaung Residence, Jl. Bambu Apus No. 1B, Tangerang Selatan.

Salam

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed