Joe Biden. Foto: Times

RADARTANGSEL –  Joe Biden berada di ambang kemenangan. Kandidat presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat sejauh ini dengan mengumpulkan 223 suara electoral. Sedangkan calon presiden dari Partai Republik Donald Trump meraih 148 suara electoral.

Diperlukan 270 suara electoral untuk memenangkan pemilu presiden Amerika Serikat (AS). Untuk suara populer, Biden mendapatkan 55 juta suara dan Trump memperoleh 54 juta suara, menurut data Fox News dan The Guardian.

Biden menang di Colorado dan mendapatkan sembilan suara electoral. Di Distrik Columbia, Biden mendapatkan tiga suara electoral. Dia juga memenangkan New York dan New Mexico.

Donald Trump menambah suara dengan memenangkan Arkansas, North Dakota, South Dakota, Wyoming, Louisiana dan Nebraska. Kemenangan ini sudah diprediksi sebelumnya dalam berbagai survei.

Dengan demikian, Trump menambah kemenangan setelah sebelumnya menguasai Oklahoma, Tennessee, Mississippi dan Alabama.

BACA JUGA :   Nancy Pelosi Minta Trump Mundur Usai Rusuh di Capitol

Joe Biden telah memenangkan Delaware, tempat tinggalnya. Calon presiden dari Partai Demokrat itu meraih kemenangan di Rhode Island, New Jersey, Massachussetts, Maryland, Illinois, Delaware, dan Connecticut.

Joe Biden memenangkan Virginia dan meraih 13 electoral yang diperebutkan di sana. Virginia merupakan swing state saat kampanye Barack Obama pada 2008 dan 2012, tapi telah menjadi kandang Partai Demokrat dalam beberapa tahun terakhir.

Trump juga merraih kemenangan di West Virginia. Kemenangan Trump di sana tak mengejutkan. Trump pun mendapat tambahan lima suara electoral.

Trump juga memenangkan South Carolina dan mendapat tambahan sembilan suara electoral. Trump pun unggul di Oklahoma, Tennessee, Missisippi, dan Alabama.

Beberapa saat setelah pemungutan suara ditutup di Kentucky, AP mendeklarasikan Donald Trump memenangkan delapan suara electoral di sana.

Kemenangan Trump di Kentucky sudah diprediksi sebelumnya. Tak hanya di Kentucky, Trump juga menang di Indiana menurut laporan Reuters. Di Indiana, Trump meraih 11 suara electoral.

BACA JUGA :   Di KTT ASEAN-AS Seruan Jokowi Menggetarkan, Perang Ukraina Disebut-sebut!

Adapun Joe Biden telah mengamankan kemenangan pertamanya di Vermont yang menyediakan tiga suara electoral. Ini menjadi kemenangan perdananya.

Pesta demokrasi kali ini memang berbeda dari sebelumnya karena selama kampanye rakyat AS mengalami polarisasi yang sangat dalam.

Masker wajah yang dikenakan banyak pemilih dan toko-toko yang ditutup papan di beberapa pusat kota menjadi pengingat dua masalah besar yang membentuk pemilu 2020, yakni COVID-19 dan kerusuhan saat protes mengecam kebrutalan polisi dan rasisme.

Sejumlah kelompok hak-hak sipil mengatakan mereka sedang memantau tanda-tanda tekanan pada pemilih. Lembaga penegak hukum juga waspada terhadap gangguan selama pemungutan suara. Namun ketakutan terburuk mereka tidak terjadi hingga sore hari waktu setempat.

Sementara itu Donald Trump, melalui cuitan Twitter pada Rabu pagi, memperkirakan dia akan memenangkan masa jabatan empat tahun kedua.  Tanpa menyertakan bukti apa pun, Trump menuduh Demokrat berusaha “mencurangi” pemilu darinya, .

BACA JUGA :   Disebut Kalah oleh Media, Trump: Pemilu Ini Belum Selesai!

“Kami menang besar, tetapi mereka (Demokrat,red) mencoba mencurangi Pemilu. Kami tidak akan pernah membiarkan mereka melakukannya,” cuit Trump.

Dia menambahkan kata “Kemenangan besar” untuk pemilihan ulang dirinya. Cuitan Trump di Twitter muncul segera setelah pernyataan dari calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, yang mengatakan dia optimistis tentang prospeknya untuk menang dalam pemilihan presiden AS.

Twitter Inc menandai cuitan Presiden Donald Trump yang menuduh upaya untuk ‘mencurangi pemilu’ itu sebagai cuitan yang berpotensi informasi menyesatkan.

“Kami memberi tanda peringatan pada cuitan (Tweet) dari @realDonaldTrump karena membuat klaim yang berpotensi menyesatkan tentang pemilu,” kata Twitter Rabu pagi. (sak)

Artikulli paraprakWarisan Dikuasai Saudara, Apa yang Harus Saya Lakukan?
Artikulli tjetërWafat, Dalang Ki Seno Nugroho Dimakamkan di TPU Semaki Gede Umbulharjo